Wednesday, April 25, 2012

Wortel, Kopi, dan Telur


Seorang pemuda datang pada ibunya & mengeluhkan banyakx permasalahan dlm hidupnya. Namun betapa kagetnya dia, karena ternyata ibunya diam saja seolah tidak ingin mendengarkan keluhannya. Bahkan sang ibu kemudian malah masuk ke dapur, sementara anaknya terus bercerita & mengikutinya. Sang ibu lalu memasak air. Setelah sekian lama, air mendidih, sang ibu menuangkan air panas tsb ke dalam 3 gelas yg telah disiapkan.
Di gelas pertama ia masukkan TELUR.
Di gelas kedua, ia masukkan WORTEL.
Dan di gelas ketiga, ia masukkan bubuk KOPI.
Setelah menunggu beberapa saat, ia mengangkat telur & wortel dari gelas tadi, hasilnya:
WORTEL yg KERAS menjadi LUNAK, TELUR yg mudah PECAH menjadi KERAS, dan KOPI meng hasilkan aroma yg HARUM.
Lalu sang ibu menjelaskan: “Nak, MASALAH DALAM HIDUP ITU BAGAIKAN AIR MENDIDIH. Namun, bagaimana sikap kita-lah yg akan menentukan dampaknya. Kita bisa menjadi :
lembek seperti WORTEL, mengeras seperti TELUR, atau harum seperti KOPI.
Jadi, wortel & telur bukan mempengaruhi air,… mereka malah berubah oleh air, sementara kopi malah mengubah air, membuatnya menjadi harum.”
Dalam tiap masalah, selalu tersimpan MUTIARA IMAN yg berharga. Sangat mudah untuk bersyukur saat kita mendapat anugerah. Tapi apakah kita dapat tetap sabar & percaya saat pertolongan Tuhan seolah tidak kunjung datang menghampiri kita..???
Hari ini kita belajar bahwa, ada 3 reaksi orang saat masalah datang. Ada yang menjadi lembek, suka mengeluh & mengasihani diri sendiri.
Ada yg mengeras, marah & berontak pada Tuhan.
Ada juga yang justru semakin harum semerbak, menjadi semakin tegar & kuat, bahkan lebih yakin & percaya akan Kuasa & KehendakNYA.
Ada kalanya Tuhan sengaja menunda pertolonganNYA, apa tujuannya? Agar kita belajar sabar, percaya & setia..! Karena tidak pernah ada masalah yg tidak bisa Tuhan selesaikan..!!!
Semoga kita termasuk orang2 yg sabar & ikhlas serta pandai berserah diri, " Aamiiin...........

No comments:

Post a Comment