Friday, March 1, 2013

TANAMAN HIAS BERBAHAYA


Cukup banyak orang yang memiliki hobi menanam tanaman di pot-pot di serambi rumah. Ada yang gemar melakukannya karena memang suka terhadap beragam jenis kembang. Ada juga yang melakukannya sebagai lahan bisnis. Umumnya bagi siapa saja yang melakoni pekerjaan tersebut akan mendapat keuntungan lain, yaitu kesehatan yang terjaga. Namun hati-hati, sejumlah tumbuhan justru dapat berbahaya bagi kita dan keluarga kita.
Banyak yang tidak tahu bahwa ternyata tanaman hias yang kita tanam dirumah adalah tanaman yang berbahaya, saya penasaran dengan hal ini, maka saya coba Tanya ke professor google…. Ternyata mengejutkan… beberapa diantaranya mungkin tidak asing kita melihatnya.
Mungkin berguna untuk Anda. Anda lebih baik percaya. Silakan baca di bawah ini.

DUMB CANE = TONGKAT KONYOL  ATAU DIEFFENBACHIA
Tanaman ini sangat umum berada di rumah kita, kebun rumah, taman dan kantor (populer sebagai tanaman indoor & outdoor). Tanaman ini (Dumb Cane = Tongkat Konyol  atau Dieffenbachia)  kini terbukti berbahaya,  jadi harap berhati-hati!.
Saya tahu bahwa daun tanaman ini menyebabkan gatal jika yang getah (spt susu) menyentuh kulit Anda. Namun ada fakta yang lebih berbahaya ttng tanaman ini!,  silahkan membaca rincian di bawah ini.
Salah satu teman saya “hampir kehilangan putrinya” yang menaruh sepotong daun tanaman ini dalam mulutnya dan lidahnya membengkak sampai ke titik mati lemas. Ini adalah salah satu tanaman tetapi ada juga tanaman lain dengan karakteristik yang sama dari pewarnaannya. Mereka juga beracun dan kita harus menyingkirkan mereka. Harap hati-hati untuk anak-anak kita. Seperti yang kita semua meninggalkan anak-anak kita di rumah di tangan pengasuh, kita harus memberi mereka lingkungan yang aman di mana mereka bisa bermain.
 
"Ini tanaman yang kita miliki di rumah kami dan kantor sangat berbahaya Tanaman ini biasa tumbuh di Rwanda!,iIni adalah racun mematikan, yang paling khusus untuk anak-anak. Hal ini dapat membunuh seorang anak dalam waktu kurang dari satu menit dan dewasa dalam 15 menit . Ini harus dicabut dari kebun dan dibawa keluar dari kantor. Jika tersentuh, jangan pernah seseorang sampai tersentuh  matanya, karena dapat menyebabkan kebutaan parsial atau permanen




NERIUM OLEANDER
Oleander dikenal sebagai salah satu tanaman yang paling beracun di dunia, sering digunakan untuk membunuh diri di India Selatan. Berbagai-bagai racun terkandung di seluruh bahagian tanaman ini, seperti Oleandrin dan neriine, yang menyebabkan gangguan sistem saraf, gangguan pencernaan, dan sistem kerja peredaran darah. Parahnya, semua gejala itu akan terjadi secara bersamaan. Korban akan mengalami gejala kehilangan kesadaran, tubuh bergetar, rasa sakit yang amat sangat, koma, hingga kematian. Getahnya dapat menyebabkan iritasi kulit dan kebutaan pada mata.

LILLY OF THE VALLEY (BUNGA LILLY)
Lilly of the valley dilihat sangat cantik dan nampak tidak berbahaya tapi jangan tertipu dengan penampilannya. Bunga ini mirip seperti daphne yang sangat beracun. 
Walaupun hanya mengkonsumsi satu atau dua takaran dari bunganya yang berbentuk lonceng ini tidak akan berakibatkan fatal, namun apabila dimakan dalam jumlah cukup banyak dapat menyebabkan rasa sakit di mulut, muntah-muntah, keram di seluruh tubuh, dan diare. Racun di bunga ini juga dapat menyebabkan disfungsi jantung dan detak jantung menjadi lemah.


ANGEL'S TRUMPET.
Jangan terkejut dengan namanya yang indah, tanaman ini mengandungi racun yang bahaya bagi manusia mahupun haiwan. Bunga ini dapat memberikan efek halusinogen yang amat kuat kerana mengandung zat tropane alkaloids.



AUTUMN CROCUS
Autumn Crocus merupakan salah satu tumbuhan paling beracun di dunia. Bunga ini mengandung colchicine yang merupakan ubat mematikan yang biasa digunakan untuk perawatan encok. Racun yang terkandung dalam bunga ini sejenis dengan arsenik yang tidak ada penawarnya. Bila keracunan tanaman ini, ia dapat menyebabkan hilangnya tekanan darah dan penyakit jantung.


TANAMAN HIAS YANG KADANG MENGELUARKAN ZAT YANG SANGAT BERBAHAYA
Berikut ini adalah tumbuhan yang mengeluarkan zat volatile organic compounds (VOC) baik berupa gas dan uap yang buruk bagi kesehatan. Maka sebaiknya jangan disimpan didalam rumah atau di dekat jendela kamar tidur.

Adalah peneliti dari Universitas Georgia, Amerika Serikat, yang menemukan fakta tumbuhan yang mengeluarkan gas dan uap berbahaya ke lingkungan sekitar. Di antara tumbuhan tersebut adalah empat jenis tanaman rumah yang umumnya di tanam di dalam ruangan atau di pekarangan rumah, seperti Bunga Lili (Spathiphyllum wallisii Regel), Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata Prain), Palem Kuning (Chrysalidocarpus lutescens Wendl) dan Beringin Putih (Ficus benjamina L.).
Guna meneliti membuktikan hal itu, keempat tumbuhan tersebut diteliti para ilmuwan dengan meletakkannya di dalam sebuah tabung. Tabung tersebut memiliki saluran udara yang terhubung dengan penyaring arang untuk mensuplai udara murni. Udara yang keluar akan disalurkan ke saluran yang dilengkapi dengan alat pengukur, guna mengukur kandungan zat berbahaya yang dihasilkan.
Hasilnya peneliti mendapatkan sejumlah VOC yang keluar dari tumbuhan  tersebut. Sebanyak 23 zat VOC dari Bunga Lili, 16 dari Palem Kuning, 13 dari Beringin Putih dan 12 dari Lidah Mertua. Sebagian VOC yang ditemukan merupakan unsur pestisida yang digunakan saat tumbuhan tersebut dikembangbiakkan. Ini menandakan pestisida bisa mengurangi dampak positif yang dimiliki tumbuhan. Disamping itu mikro-organisme tanah juga ikut berperan memproduksi VOC. “Meski organisme tanah diketahui mampu menghilangkan polutan udara, ternyata ia juga memproduksi zat VOC ke udara”, ujar Stanley J. Kays, peneliti dari Universitas Georgia. Waspadai juga pot plastik karena, menurut penelitian benda ini bisa juga menghasilkan zat VOC.
Meski demikian peneliti belum dapat menentukan dampak zat tersebut pada manusia, walaupun sebagian zat berbahaya yang ditemukan itu dinilai cukup aktif secara biologis

Sumber : Dari berbagai artikel

8 comments:

  1. Yang sering dipakai buat bunuh diri di India Selatan bukan Nerium Oleander, tapi Cerbera Odollam. Kalau disini sejenis Pohon Bintaro (Cerbera Manghas).

    ReplyDelete
  2. Jangan lupakan Akar Saga (PrecaoriusAbrus), tanaman rambat yang sering dijadikan penghias halaman.Tumbuhan asli Indonesia yang jauh lebih beracun daripada tumbuhan Jarak (Ricinus Communis)

    ReplyDelete
  3. Emang cocok untuk jadi tanamna hias siihh :D
    sayang juga klo di makan :D hehehhehe

    ReplyDelete
  4. coba dibaca dulu...
    https://en.wikipedia.org/wiki/Dieffenbachia

    ReplyDelete
  5. terima kasih atas informasinya. saya niat mau cari lidah mertua untuk di apartement. tapi ternyata malah mengeluarkan zat berbahaya ya? gak jadi beli deh

    ReplyDelete
  6. setelah baca artikel ini jadi ngerti. <a href="http://tamanminimalize.blogspot.co.id/2016/09/contoh-tanaman-hias-beracun.html>jangan coba-coba tanam kalo gak ingin celaka</a>

    ReplyDelete