Tuesday, September 4, 2012

CARA MENGEMBALIKAN AKUN FACEBOOK YANG DI HACK

Pernah terpikir akun FB kita dibajak orang ? password kita diganti dan kita tidak bisa mengendalikan akun FB kita ?

Tentu hal itu menjadi masa-masa paling mendebarkan. Sebab, bukan tidak mungkin akun Anda dimanfaatkan untuk mencari keuntungan oleh si pembajak.

Saya juga pernah, akun FB saya digunakan untuk jualan HP, dengan membuat album di foto album saya, untung saya punya BB sehingga email saya terpantau, saya sempat heran pada saat saya lagi on line ada email masuk ke BB saya dan mengatakan bahwa saya telah merubah password FB, kaget juga sih, kapan saya robah password ? apalagi itu dilakukan beberapa menit lalu dan saya masih online dengan FB saya .
Setelah saya coba buka FB, ternyata udah tidak bisa lagi, untung segera bisa saya selamatkan.
Hebat juga tuh hacker, bisa ngetag foto sebanyak 25 foto dengan jumlah teman yang di tag (ditandai) per foto antara 80-90 orang dalam beberapa menit.
Menurut informasi katanya ada softwarenya untuk ngetag dan nge hack.
Ngeri juga jika digunakan untuk menipu teman-teman di FB kita, misalnya pinjam uang, atau apalah namanya yang merusak nama baik kita.


Menurut informasi profesor google ternyata yg bisa di hack adalah email kadaluarsa dan dari yahoo.... atau email yg jarang dibuka lebih dr 3 bulan.....

Bener juga, karena untuk FB saya memang pake email lama yang tidak pernah dibuka (yahoo), tapi ada email alternatifnya yang biasa saya buka... untuk urusan kantor,..... untung saja ya.

TIP-TIP singkat menghindari pembajakan akun :

  1. Gunakan / daftarkan 2 (dua) email anda ke akun FB, sehingga apabila email yang satunya dibajak, kita bisa gunakan email yang satu lagi.
  2. Email yang dibajak kebanyakan merupakan email yahoo yang sudah lama tidak aktif (3 bulan tidak pernah dibuka), maka sekali-2 perlu juga kita membuka email kita.
  3. Bedakan password email dengan password FB.
  4. Segera ganti password FB setelah selamat dari pembajakan. 
  5. Selalu Gunakan keamanan email dengan membuat pertanyaan saat pertamakali membuat akun email. (ini wajib)
  6. Untuk modus pembajakan yg digunakan jualan HP, apabila akun FB sudah bisa diambil kembali, cari album foto HP di album foto FB kita dan langsung hapus albumnya sekaligus, karena pembajak sudah membuat beberapa foto HP dan men-tagnya  per foto antara 90-100 org teman2 kita di FB.
  7. Jangan terima pertemanan FB yang benar2 tidak kita kenal,  kadang kala mereka menggunakan akun teman kita yang kita kenal dari hasil bajakan juga sih. gila....  

saya coba buka literatur dari profesor google :
Ahmad Alkazimy dari Indonesia Computer Emergency Response Team (Id-CERT) menyatakan bahwa pihaknya dalam beberapa pekan terakhir telah menerima 3 permintaan pemulihan terkait dengan kasus pembajakan akun Facebook. Ketiga kasus tersebut adalah:

  1. Satu akun dibajak pada awal Maret 2012, email asli dan nomor telepon  akun telah diganti dengan akun email dan nomer telepon si pembajak. Untuk kasus ini, si pembajak meminta transfer sejumlah uang kepada korban dan mengancam untuk melakukan penghapusan grup milik korban (karena korban memiliki grup di Facebook).
  2. Satu akun dibajak pada awal Maret 2012, email asli dan nomor telepon belum diubah, namun mengancam korban untuk menyetorkan uang. Akun berhasil dipulihkan dalam waktu 1 minggu setelah pelaporan.
  3. Satu akun dibajak sekitar 1 tahun yang lalu, korban telah melaporkan kepada penegak hukum, email dan nomor telpon korban telah diganti dengan kontak si pembajak, kemudian si pembajak meminta transfer uang kepada seluruh teman akun yang dibajak.


“Akun berhasil dibekukan dalam waktu 24 jam setelah Id-CERT meminta akun tersebut dibekukan/dimatikan sesuai permintaan dari korban,” tukas Ahmad kepada detikINET.

Menyikapi ketiga kasus di atas, Id-CERT telah berkoordinasi dengan kontak utama Facebook dan respons mereka adalah sebagai berikut:

  1. Untuk masalah pembajakan umum, silakan menempuh prosedur ‘terbajak’ di Facebook melalui URL: https://www.facebook.com/hacked
  2. Fase yang berlaku di Facebook:
  • Fase Darurat: fase ini yang ditempuh Id-CERT bersama dengan Facebook. Dalam fase darurat ini, akun pembajak dan terbajak (korban) akan dibekukan oleh pihak Facebook. Pembekuan adalah harus sesuai permintaan dari pemilik akun yang asli, apakah akan bersifat sementara, ataukah permanen. Laporan dapat dikirim email ke :  cert@cert.or.id.
  • Fase Pemulihan: fase pemulihan ini mengikuti prosedur yang terdapat dalam poin 1 di atas, pemilik akun asli harus menempuh opsi 1. Pemilik akun yang asli akan dihubungi langsung oleh pihak Facebook tanpa melalui Id-CERT.


“Sangat disarankan bagi para pengguna yang akunnya terbajak menempuh opsi pertama di atas. Opsi kedua ditempuh hanya bila tidak ada respons sesuai dengan jangka waktu yang diberikan dalam prosedur pemulihan,” Ahmad menandaskan.

sekian Solusi Ketika Akun Facebook Anda Dibajak.